-->

3.1 Berlatih Membangun Infrastruktur VLAN

 


Apa itu Jaringan VLAN?


Gambar di atas merupakan ilustrasi topologi VLAN. 
Pada tahun 1981-1984, Dr. W. David Sincoskie bergabung dengan Bellcore dan mulai menangani permasalahan peningkatan jaringan Ethernet. Sincoskie menemukan teknologi jaringan VLAN dengan memanfaatkan perangkat switch.

VLAN adalah jaringan yang dibangun untuk mengurangi pembatasan total bandwidth jaringan Ethernet. Selain itu dengan menggunakan VLAN, dapat memudahkan  seoraang administrator jaringan dalam mengontrol jaringan dan melakukan perbaikan konfigurasi, serta meningkatkan keamanan jaringan.

Melalui VLAN, memugkinkan untuk menambahkan tag ke setiap frame Ethernet. Tag inilah yang sekarang dikenal pada bingkai Ethernet sebagai header IEEE 802.1Q atau tag VLAN. Dengan tag tersebut, dapat menangani jaringan siaran Ethernet sehingga dapat meningkatkan kecepatan bandwidth dalam suatu jaringan. Jaringan VLAN membagi jaringan layer 2 menjadi beberapa worksgroup secara logic sehingga mengurangi traffic yang diperlukan pada jaringan. Hal tersebut dapat meningkatkan performa jaringan.

JARINGAN VLAN adalah suatu model jaringan yang tidak terbatas pada lokasi fisik seperti LAN. VLAN merupakan sekelompok perangkat pada suatu LAN atau lebih  yang dikonfigurasi menggunakan perangkat lunak administrasi sehingga dapat berkomunikasi seperti halnya perangkat tersebut terhubung ke jalur yang sama, sedangkan sebenarnya perangkat tersebut berada pada sejumlah segmen VLAN yang berbeda. Hal ini mengakibatkan suatu network dapat dikonfigurasikan secara virtual tanpa harus mengacu pada lokasi fisik peralatan.

Sebelum Membangun Infrastruktur VLAN Sialahkan Jawab Soal Berikut :