-->

3.1.1 Menjelaskan Sistem Operasi Jaringan

 3.1.1 Menjelaskan Sistem Operasi Jaringan

Apa itu sistem operasi?

Sistem Operasi merupakan sebuah program yang mengendalikan semua fungsi yang ada pada komputer.

Apa fungsi sistem operasi?

Secara  umum semua sistem operasi memiliki empat fungsi, yaitu:
1. Manajemen perangkat keras
Pengendalian akses terhadap berbagai perangkat keras yang terhubung ke komputer. Setiap perangkat harus dikenali oleh sistem operasi maka driver dari sebuah perangkat keras harus terinstal.
2. Manajemen file dan folder
Pengelolaan file dan folder, file adalah kumpulan blok yang saling terkait, sedangkan folder adalah sebuah wadah yang berisi file-file ataupun sub-folder lainnya.
3. Manajemen interaksi user
Sebagai jembatan antara user dengan perangkat keras komputer, ada dua jenis interface untuk berinteraksi dengan user, yaitu yang pertama Commad Line Interface (CLI) tampilannya berbentuk teks dan keyboard untuk mengetikan perintah terutama dalam menejen file dan folder. kedua (GUI) Graphical User Interface tampilannya berbentuk gambar dan sekumpulan menu dan icon yang dapat menggunakan mouse untuk menejemen file dan folder.
4. Manajemen aplikasi
Pengelolaan aplikasi, supaya user dapat menyelesaikan suatu tujuan tertentu, fungsi dari menejemen aplikasi yaitu, install merupakan proses menempatkan file-file program pada komputer termasuk konfigurasi program terdebut, uninstall untuk menghapus file-file program beserta konfigurasi dari komputer, update/upgrade untuk memperbarui file-file dari program yang telah terinstall.

Apa saja jenis - jenis sistem operasi?

Sistem operasi dapat dibedakan menjadi 2 jenis berdasarkan jumlah bit-nya, yaitu sistem operasi 32-bit dan 64-bit, 32-bit mampu menerima RAM maksimal 4 GB, sedangkan sistem operasi 64-bit mampu menggunakan lebih dari 128 GB.
Sistem operasi juga dibedakan berdasarkan penggunanaanya, yaitu sistem operasi desktop dan sistem operasi jaringan. Perbedaannya adalah sistem operasi desktop banyak digunakan di instansi/perkantoran, small Office/Home Office (SOHO) dengan jumlah user sedikit. Sedangkan sistem operasi jaringan didesain untuk melayani user dalam jumlah besar dengan berbagai keperluan dan banyak digunakan oleh perusahaan berskala besar.


Apa itu sistem operasi jaringan?

Sistem operasi jaringan erupakan sebuah jenis sistem operasi yang ditujukan untuk menangani jaringan.  

Bagaiman karakteristik SOJ ?

1. Memiliki pusat kendali sumber daya jaringan
2. Memiliki akses aman ke sebuah jaringan
3. Mengizinkan remote user untuk dapat terkoneksi ke suatu jaringan
4. Mengizinkan user terkoneksi ke jaringan lainnya
5. Melakukan back up data untuk jangka waktu tertentu