Bagan dan Konsep Kerja Server Softswitch PBX
Istilah
PBX pertama kali diterapkan pada saat dilakukan pergantian jaringan keoperator
dalam perusahaan. Secara otomatis,sistem pergantian elektromekanis menggantikan
sistem manual.Istilah PBX digunakan untuk menggambarkan layanan telepon,seperti
sistem telepon in house, baik untuk cakupan private area, penyebaran yang
luas, ataupun pertukaran jaringan telepon lainnya.
Sejak
tahun 1990-an,terdapat dua perkembangan signifikan yang menyebabkan munculnya
jenis sistem PBX. Salah satu perkembangan tersebut adalah besarnya pertumbuhan
jaringan data dan meningkatnya pemahaman public mengenai packet
switching,Perusahaan tidak hanya membutuhkan packet switched pada jaringan
untuk data saja,perkembangan perusahaan juga membutuhkan ketersedian internet
sebagai sistem pengiriman global pada satu sistem telepon.PBX kemudian muncul
dan melahirkan Volp PBX yang menjadikan komunikasi semakin menarik.secara
teknis, PBX dan Volp PBX bukanlah sistem berbeda. Volp PBX merupakan sistem
layanan khusus dalam jaringan telpon
Berdasarkan
uraian diatas,tentunya kamu sudah sedikit mengenal PBX bukan? Untuk memperdalam
pemahaman mengenai server sofwicth PBX,pelajari bab berikut dengan sungguh
sungguh!
A.
Mengenal
Server Sofwicth PBX
Sistem
telepon bisnis telah lama terdapat dalam
perkembangan mereka.Sistem telepon berkembang dari sistem kunci sederhana yang memerlukan
beberapa saluran telepon untuk virtual PBX.PBX menghubungkan antara telepon
dalam perusahaan dengan jaringan telepon dengan jaringan internal dan
menghubungkan juga telepon dalam perusahaan dengan jaringan telepon publik
(PSTN atau public switched telephone network) melalui trunk,yaitu penghubung
jalur komunikasi antara pengirim dengan penerima melalui central office
1.
Pengertian
dan Sejarah
PBX
(Private Branch Exchange) adalah penyedia layanan telepon yang melayani
pertukaran telepon dengan pusat di dalam suatu perusahaan, dan menjadi
penghubung antara dari telepon publik ke telepon anak perusahaan atau jaringan
telepon dari perusahaan ke anak perusahaan lain nya di area yang lebih
luas.Dengan kata lain, PBX merupakan suatu perangkat keras elektronik
telekomunikasi yang berfungsi sebagai pembagi atau pengatur antara bagian
internal (extention to extention) dengan external (out going incoming).PBX
menjadi sebuah sentral private dengan fitur seperti sentral public yang
digunakan oleh suatu Lembaga atau perusahan dalam melayani komunikasi internet
perusahaan tersebut.
Sistem
telepon pertama yang populer adalah 1A2 key system,yang memiliki variasi dan
dipercaya oleh pasar perusahaan selama bertahun tahun pada era 1950-an .KSU (Kunci
Layanan Unit) dalam 1A2 key system bertindak sebagai unit kontrol pusat dan
panggilan yang dialihkan melalui mekanisme fisik yang terdapat pada telepon.
PBX
pertama kali digunakan untuk menggambarkan sistem kunci. PBX secara bertahap
mulai menggunakan sistem otomatis dan non operator.Dalam perkembangan PBX,salah
satu tren sistem yang muncul adalah Volp PBX ,atau biasa dikenal dengan IP
PBX.IP PBX menggunakan protocol internet untuk melalukan panggilan telepon.
Sekarang ini PBX memberi dukungan dalam perkembangan Volp PBX. ISB PBX juga
telah mengalami perkembangan sejak tahun 1990-an. ISDN PBX sudah menawarkan
layanan panggilan konferensi ,call forwarding dan memanggil host ID yang telah
diprogram sebelimnya.Meskipun demikian ,adanya proyek mengenai sumber terbuka
ini justru dapat dikombinasikan dengan perangkat keras untuk mengurangi biaya
kepemilikan PBX
2.
Fungsi
PBX
PBX dibedakan dari sistem kunci yang dilakukan
pengguna secara manual Ketika pengguna menekan nomor tujuan.Sehingga secara
otomatis PBX akan meuju jalur sesuai dengan nomor yang dituju pengguna.Sistem
PBX memungkinkan pengguna untuk melakukan panggilan telepon secara internal dan
eksternal dengan menggunakan kode telepon yang telah terdaftar di cebtral
office maupun di DDCO.Sistem PBX secara fungsional memiliki empat tugas
panggilan pengolahan utama,diantaranya yaitu
a.
Membuat
koneksi (sirkuit) atau menghubungkan antara telepon pengguna dengan telepon
yang dituju misalnya pemetaan ke nomor tujuan untuk mematikan jaringan telepon
tida sibuk
b. Menjaga
koneksi atau sambungan selama menggunakan telepon,yaitu dengan menyalurkan
sinyal suara antara pengirim dengan penerima pesan
c. Mematikan
koneksi atau hubungan jaringan telepon sesuai dengan perintah pengguna telepon
d. Menyediakan
informasi untuk kepentingan akutansi,misalnya menampilkan lama waktu panggilan
atau metering call
B.
Memahami
Proses Kerja PBX
PBX
merupakan sistem telepon dengan fitur komplit yang menyediakan panggilan
telepon melalui jalur internet.Dengan PBX seluruh percakapan dikirim sebagai
paket data melalui jaringan.teknologi PBX meliputi fitur komunikasi canggih
yang sangat efisien,berkualitas baik dan sudah terintegrasi dengan sistem CRM
1.
Cara
Kerja PBX
IP
PBX terdiri satu atau lebih telepon internet SIP,IP PBX server dan optional
Volp gateway yang dapat terhubung ke jalur telepon tradisional.Fungsi dari
server IP PBX hamper mirip dengan proxy server nomor klien yang akan dituju.IP
PBX mempunyai directory seluruh anggota yang memungkinkan satu sama lainnya
berkomunikasi secara internal ataupun telepon ke PTSN melalui VOIP Gateway .
2.
Cara
Menggunakan Sistem PBX
PBX
telepon menawarkan banyak pilihan yang tidak dimiliki oleh sistem lain.Setelah
ekstensi diatyr ,pengguna dapat menggunakan telepon untuk meneruskan
panggilan,mengirin surat suara ke alamat email atau mentransfer panggilan ke
ekstensi lain.Membuat panggilan lainnya pada jaringan PBX dapat dilakukan hanya
dengan mengankat gagang telepon dn menghubungi perpanjangan empat
digit.Pengguna juga dapat menghubungi saluran luar dengan merekam menekan 0
atau 1 tergantung pada konfigurasu sistem.Selain melakukan panggilan ke
ekstensi lain,sistem PBX juga dapat digunakan untuk mengakses pesan suara
menstransfer panggilan ,masuk serta menahan panggilan masuk
3.
Cara
Telepon PBX Bekerja
a.
PBX
Set Up
Pada
abad ke 20,awalnya PBX berada pada teknologi analog,namun saat ini PBX berubah menjadi
sistem digital.PBX umum meliputi beberapa jalur telepon dari luar bangunan yang
berakhir pada pertukaran perusahaan.PBX juga memiliki beberapa jalur internal
yang mengarah ke ponsel.Dengan PBX,sebuah komputer akan mengelola
panggilan,beralih dari panggilan satu ke panggilan lain sesuai nomor yang dipanggil.Sebuah
PBX digital tidak memerlukan operator manusia meskipun beberapa perusahaan
masih menggunakannya
b.
Volp
untuk PBX
Beberapa teknologi
exchange bergantung pada teknologi VoIP
(Voice Over Internet Protocol).Sistem telepon VoIP mengubah panggilan telepon
ke paket data dan mengirimkanya melalui jaringan komputer.Dibandingkan dengan
PBX biasa .VoIP atau IP exchange dapat mengurangi biaya karena sebuah
perusahaan dapat menggunakan satu jaringan untuk panggilan telepon dan data.
Contoh VoIP PBX yang dapat digunakan yaitu 3CX Phone System,Asterisk, Dialexa,
Bicon system ,Trixbox dan lainnya
c.
Virtual
PBX
PBX Virtual adalah
versi kelas ekonomi dari Hosted PBX.Sistem PBX host dan virtual adalah sistem
telepon PBX VoIP bisnis yang mentransmisikan panggilan melalui Internet sebagai
data
PBX Virtual menawarkan
layanan telpon VoIP bisnis murah untuk usaha kecil. Seperti halnya sistemtelpon
PBX yang dihosting, PBX Virtual dimiliki dan dikelola diluar situs oleh
penyedia layanan VoIP.PBX Virtual memungkinkan sisem telpon bisnis kecil untuk
mengakses fitur tingkat perusahaan seperti petugas otomatis dan
voicemail.Dengan sistem telopon bisnis kecil virtual PBX, perusahaan kecil,pekerja
lepas ,dan wirausahawan semuanya dapat menghadirkan citra professional untuk
vendor investor dan pelanggan
Gambar
:
d.
Centrex
Centrex atau Centralize Exchange services adalah produk
telekomunikasi.Fungsi Centrex adalah sebagai alat konversi terpusat untuk
kesepakatan bisnis dan juga merupakan saluran telepon alternatif.Centrex adalah
layanan telepon bisinis yang menyediakan fitur komunikasi yang mudah dan
efisien.Pelanggan dapat berkomunikasi langsung dengan setiap koneksi dengan
demikian mengurangi kemacetan dikantor.Pelanggan tidak perlu membeli switch karena
layanan ini berfungsi sepenuhnya dari pusat telekomunikasi.Semua peralatan dan
pemeliharaan saluran akan dilakukan oleh penyedia jaringan telepon.Salah satu
vendor yang menyediakan sistem Centrex adalah Nortel.Nortel Networks adalah
vendor sistem Centrex terbesar di dunia dan telah betanggung jawab atas
sebagian besar pengembangan layanan ini diluar Amerika Utara selama dekade
terakhir .Ada hamper 100 juta baris pada switch DMS Nortel di seluruh dunia dan
lebih dari 10 juta ini adalah untuk Centrex Nortel telah mengumumkan keluarga
sofwitch dengan nama Succesion
,berdasarkan platfrom komputasi Sun.Teknologi inti yang digunakan adalah Nortel
communication Server (CS) 2000
C.
Menyajikan
Bagan Server Softswitch PBX
Setelah memahami
mengenai PBX dan konsep kerjanya,selanjutnya adalah mempelajari bagaimana
membuat server softswitch tersebut.Berikut adalahnkebutuhan instalasi,perangkat
pendukung dan Langkah-langkah untuk membuat server softswitch PBX
1.
Kebutuhan
Instalasi Server Softswitch PBX
Berikut adalah beberapa
kebutuhan yang harus dipersiapkan untuk melakukan instalasi server softswitch PBX :
a.
Komputer
Kebutuhan instalasi
server softswitch PBX yang pertama adalah computer.Spesifikasi perangkat yang
digunakan yaitu computer dengan sound card yang tersambung ke jaringan computer
TCP/IP atau internet.Bagi mereka yang cukup kaya,beberapa rekan
menggunakan PDA yang tersambung ke Wifi
Hot spot
b.
Headset
Headset adalah sebuah
perangkat audio yang memiliki dua device yang digabungkan menjadi satu.Dimana
pada headset terdapat perangkat Input yakni mikrofon atau microphone dan
perangkat output yaitu speaker
c.
Softphone
Softphone merupakan
program yang dapat digunakan untuk menelepon melalui jaringan internet dengan
menggunakan perangkat komputer/laptop.Softphone merupakan aplikasi client VoIP
mampu mendigitalisasi data suara kedalam paket-paket data untuk ditransmisikan
melaui sebuah Local Area
Network.Terdapat beberapa jenis softphone yang dapat digunakan yaitu berbasis
SIP,H.323,Dan MGCP
d.
CODEC
Codec adalah pengodean
suara menjadi kode digital agar dapat dikirim dalam jaringan computer.Berbagai
jenis CODEC di kembangkan untuk mengompres suara agar irit bandwitch tapi masih
dapat didengar dengan baik .Berbagai jenis tersebut diantaranya GSM,iLBC,G711u(PCMU),G.729,dan
sebagainya
e.
IP
PBX server
IP PBX server adalah
software yang digunankan untuk membuat sistem layanan komunikasi telepon
melalui internet.Terdapat beberapa IP PBX server yang digunakan, yaitu
Asterisk,SIP Foundry,Elastix,Freeswitch,Open PBX,PBXInFlash,FreePBX,dan
sebagainya
2.
Perangkat
Pendukung PBX
Untuk membuat sistem
PBX,perangkat perngkat pendukung yang dibutuhkan diantaranya yaitu :
a.
Voicemail
dan Voice Conference
Voicemail
system (juga dikenal sebagai voice mail,pesan suara atau bank suara) adalah
sistem berbasis komputer yang
memngkinkan pengguna dan pelanggan umtuk bertukar pribadi pesan suara ,untuk
memilih dan menyampaikan informasi suara,dan menyampaikan informasi suara,dan
untuk memproses transaksi yang berkaitan dengan individu,organisasi,produk dan
jasa,dengan menggunakan telepon biasa.
b.
Interactive
Voice Response (IVR)
Interactive
Voice Response (IVR) adalah teknologi yang memungkinkan computer untuk
berintraksi dengan manusia melalui penggunaan suara dan DTMF nada input melalui
keypad .Dalam telekomunikasi IVR memungkinkan pelanggan untuk berinteraksi
dengan sistem host perusahaan melalui tombol telepon atau dengan pengenalan
suara,setelah itu mereka dapat ,melayani pertanyaan mereka sendiri dengan
mengikuti dialog IVR.Sistem IVR dapat merespons dengan rekaman atau dinamis
audio ke pengguna langsung lanjut tentang bagaimana untuk melanjutkan aplikasi
IVR dapat digunakan untuk mengontrol hamper semua fungsi dimana antarmuka dapat
dipecah menjadi serangkaian interaksi sederhana.Sistem IVR di keraahkan dalam
jaringan yang berukuran untuk menangani volume panggilan besar
c.
Automatic
Call Distribution (ACD)
Automatis
Call Distribution (ACD) atau sistem distribusi panggilan otomatis,adalah perangkat
atau sistem yang mendistribusikan panggilan masuk ke kelompok tertentu terminal
atau agen berdasarkan pilihan pelanggan,nomor telepon pelanggan,operator jalur
masuk ke sistem,atau waktu panggilan diproses.Hal ini sering bagian dari
komputer intregasi telepon (CTI) sistem
d.
Computer
Telephony Intregation
Computer
Telephony Integration atau computer integrasi telepon,juga disebut integrasi
komputer-telepon atau CTI,adalah nama umum untuk teknologi yang memungkinkan
interaksi pada telepon dan computer untuk diintegrasikan atau
dikoordinasikan.Istilah ini terutama digunakan untukmmenggambarkan desktop yang
interaksi berbasis untuk membantu pengguna menjadi lebih efisien
e.
Unified
Messaging System (UMS)
UMS
adalah perngkat yang digunakan untuk menginteragrasikan berbagai media pesan
elektronik dan komunikasi (E-mail,SMS,faks, pesan suara , pesan video ,Dll.)
UMS berada dalam satu antarmuka yang dapat diakses dari berbagai perangkat yang berbeda. Sementara sistem
komunikasi tradisional menyampaikan pesan ke beberapa jenis sistem seperti
sistem pesan suara ,server E-mail,dan mesin faks.
f.
Fax
Server dan Fax on Demond
Sebuah
server faks adalah sistem dipasang dijaringan area local (LAN) server yang
memungkinkan pengguna komputer yang komputernya melekat pada LAN untuk mengirim
dan menerima pesan faks
g.
Call
Recording System dan Billing System
Sistem
billing merupakan sistem.yang membantu
para usahawan untuk mengatur dan mencatat segala transaksi yang terjadi. Pada
dasarnya sistem billing sistem merupakan pencatat dan pemonitor transaksi
berbentuk software
h.
Web-based
Management System
Perangkat
lunak manajemen proyek berbasis web adalah kumpulan program, proses dan
informasi yang digunakan untuk mengelola berbagai tahapan proyek dan yang dapat
diakses di internet.Manajemen proyek memerlukan proses seperti jadwal,
menghitung jlur kritis,membangun jadwal, membuat daftar tugas, mengelola sumber
daya,pengendalian dokumen dan memberikan jejak audit.Masing masing proses dapat
dikontrol dan kadang kadang otomatis melalui solusi software manajemen proyek
3.
Menghubungkan
Telepon ke PBX
Terdapat 3 tipe dasar
telepon yang terhubung ke PBX,di antaranya adalah analog, digital,dan VoIP.PBX
merupakan sistem switching elektronik yang menghubungkan layanan jaringan untuk
set telepon dan rute panggilan ke lokasi yang diinginkan.Untuk menghubungkan
telepon ke PBX sebelumnya persiapkan alat dah bahan yang dibutuhkan,yaitu :
a.
Obeng
datar dan Philips
b.
Alat
punch down
c.
Kategori
5 kabel (kabel cat1,cat2,cat3,cat4,cat5)
d.
Terminal
blok atau patch panel
e.
Konektor
modular
Gambar
Langkah-langkah untuk
menghubungkan telepon ke PBX adalah sebagai berikut .
a.
Cari
blok terminasi untuk sistem telepon PBX.Hal ini biasanya ditemukan terhubung ke
lembar kayu lapis dipasang didinding sebelah sistem telepon. Ini akan memiliki
kabel yang terhubung menuju/dari PBX
b.
Temukan
daerah atau tempat untuk menginstal kategori 5 jack telepon baru.Carilah jalur
Kembali ke daerah dimana titik terminasi berada
c.
Pasang
jack telepon ke dingding dilokasi yang diinginkan. Gunakan obeng untuk
menginstal jack flush mount dan menginstal kotak listrik untuk kontruksi baru
d.
Jalankan
kategori 5 kabel dari terminal blok PBX atau patch panel untuk setiap lokasi
jack.Sisakan 6 inci kabel diujung jack dan sisi terminal blok tida perlu
menyisakan kabel untuk konektivitas yang tepat
e.
Jika
sudah periksa terminal blok.Temukan pola dari layanan yang ada atau mencari
dokumentasi blok terminal.Lepaskan casing dari ujung kabel dengan stiper kawat
dan pada ujung kabel dengan menggunakan alat punchdown. Sistem kecil sering
menggunakan panel patch modular crimping modular dan RJ45 untuk stasiun
pemutusan. Kunci konektor ini ke ujung kabel menggunakan alat crimping modular
dan pastikan kabel berada dalam urutan yang benar.Pasangan biru dan putih
dianggap pasangan 1,oranye dan putih adalah pasangan 2, pasangan hijau dan
putih 3,dan cokelat dan putih adalah pasangan 4
f.
Potong
kabel kurang lebih enam inci dari selubung disisi jack.Hubungkan twisted biru
dan putih untuk koneksi satu, oranye dan putih untuk koneksi dua,hijau dan
putih untuk koneksi tiga dan cokelat dan putih untuk koneksi empat.Banyak kategori
5 jack kode warna , sehingga mudah untuk dilakukan.Beberapa jack memerlukan
penggunaan alat punchdown ,sementara yang lainnya memerlukan obeng datar atau
Philips untuk menghubungkan kabel ke jack
g.
Hubungkan
sisi terminal blok kabel ke sisi layanan
PBX,Baik menggunakan cross-conest atau kategori 5 kabel. Jenis koneksi
tergantung pada jenis blik terminasi.Telepon analog menggunakan satu pasang
,telepon digital menggunakan satu atau dua pasang , dan telepon IP menggunakan empat
pasang untuk konektivitas
h.
Sambungkan
telepon ke jack baru dan uji konektivitas
4.
Membuat
program PBX
Untuk membuat program
PBX yang diperlukan dintaranya adalah perangkat lunak,komputer dan
konektivitas, serta panduan penggunaan PBX.Setelah perangkat yang setelah
perangkat yang dibutuhkan siap, selanjutnya adalah pembuatan program PBX.
Berikut adalah Langkah-langkah membuat program PBX.
a.
Tentukan
alamat IP yang akan dimiliki ponsel SIP jaringan lokal yang ingin dibangun dan
nomor ekstensi internal yang akan digunakan untuk telepon.Tentukan apakah akan
menggunakan kata sandi autentikasi dengan telepon dan jika demikian, tentukan
kata sandinya
b.
Buka
parameter set up pada telepon SIP. Masukan alamat IP telepon tetep pada
jaringan, nomor ekstensi dan kata sandi jika menggunakan autentikasi
c.
Selanjutnya
login ke panel administrasi PBX sebagai administrator untuk menambahkan rute untuk
telepon SIP. Buatlah ekstensi baru, baru masukan nomor ekstensi dan password
jika mrnggunakan autentikasi serta alamat IP
Gambar
d.
Selanjutnya
atur sambungan untuk sistem.Pengaturan sambungan berfungsi untuk membantu
sistem mengenai nomor ekstensi untuk memulai dan mendapatkan outline kode akses
dan nomor untuk konsol peetugas. Atur nomor 9 untuk mendapatkan saluran luar
dan 0 untuk operator
e.
Jika
sudah konfigurasi parameter sistem dan kode akses. Parameter akan mengatur nada
dering pada saat mode hold, caller id, sistem alarm, dan berbagai pilihan lain.
Sementara kode akses digunakan untuk fitur seperti konferensi, panggilan cepat,
park call, atau panggilan dengan beberapa orang, call coverage, pick up call
atau kemampuan untuk menjawab telepon pengguna lain, transfer call dan
sebagainya. Gunakan 1-3 digit angka dan pastikan nomor tersebut tidak dapat
ditemukan pada bagian nomor yang akan kamu gunakan untuk ekstensi
f.
Atur
kelas pembatasan dan kelas layanan pada table layanan program PBX.Tabel layanan
ini nantinya akan mengatur izin group
untuk ditetapkan ke pengguna. Izin/permissions
adalah fitur panggilan seperti jarak jauh, ketersediaan penerusan
panggilan,prioritas panggilan dan lain lain pembatasan panggilan jarak jauh
hanya digunakan untuk pengguna yang membutuhkan akses ke table layanan tersebut
g.
Kemudian konfigurasi trunk dan outbound routing. Trunk
adalah saluran saluran telepon yang digunakan untuk panggilan masuk dan keluar
yang terhubung keoperator pertukaran lokal. Aturlah kedalam satu gruo trunk.
Satu grup trunk akan melayani jenis panggilan yang sama. Konfigurasi panggilan
lokal dan remote group. Atur routing
h.
Konfigurasi
perangkat lunak untuk telepon set di PBX. Atur port, jenis ponsel, display
name, feature buttons, line display, panggilan dan tombol panggilan cepat untuk
setiap telepon yang akan di instal
i.
Atur
fitur lain terkait dengan ekstensi, seperti voice mail , call forwarding,
merekap panggilan,jalur/line fax analog, telepon konferensi, video konfernsi,
paging, nada/dering pada saat dalam mode hold, konektivitas IP, dan layanan
untuk agen call center. Simpan pengaturan tersebut dan restart layanan telepon