3.9 Bagan dan Konsep Kerja Server Softswitch PBX

 Bagan dan Konsep Kerja Server Softswitch PBX


Istilah PBX pertama kali diterapkan pada saat dilakukan pergantian jaringan keoperator dalam perusahaan. Secara otomatis,sistem pergantian elektromekanis menggantikan sistem manual.Istilah PBX digunakan untuk menggambarkan layanan telepon,seperti sistem telepon in house, baik untuk cakupan private area, penyebaran yang luas, ataupun pertukaran jaringan telepon lainnya.

Sejak tahun 1990-an,terdapat dua perkembangan signifikan yang menyebabkan munculnya jenis sistem PBX. Salah satu perkembangan tersebut adalah besarnya pertumbuhan jaringan data dan meningkatnya pemahaman public mengenai packet switching,Perusahaan tidak hanya membutuhkan packet switched pada jaringan untuk data saja,perkembangan perusahaan juga membutuhkan ketersedian internet sebagai sistem pengiriman global pada satu sistem telepon.PBX kemudian muncul dan melahirkan Volp PBX yang menjadikan komunikasi semakin menarik.secara teknis, PBX dan Volp PBX bukanlah sistem berbeda. Volp PBX merupakan sistem layanan khusus dalam jaringan telpon

Berdasarkan uraian diatas,tentunya kamu sudah sedikit mengenal PBX bukan? Untuk memperdalam pemahaman mengenai server sofwicth PBX,pelajari bab berikut dengan sungguh sungguh!

A.   Mengenal Server Sofwicth PBX

Sistem telepon bisnis telah lama terdapat  dalam perkembangan mereka.Sistem telepon berkembang dari  sistem kunci sederhana yang memerlukan beberapa saluran telepon untuk virtual PBX.PBX menghubungkan antara telepon dalam perusahaan dengan jaringan telepon dengan jaringan internal dan menghubungkan juga telepon dalam perusahaan dengan jaringan telepon publik (PSTN atau public switched telephone network) melalui trunk,yaitu penghubung jalur komunikasi antara pengirim dengan penerima melalui  central office

1.    Pengertian dan Sejarah

PBX (Private Branch Exchange) adalah penyedia layanan telepon yang melayani pertukaran telepon dengan pusat di dalam suatu perusahaan, dan menjadi penghubung antara dari telepon publik ke telepon anak perusahaan atau jaringan telepon dari perusahaan ke anak perusahaan lain nya di area yang lebih luas.Dengan kata lain, PBX merupakan suatu perangkat keras elektronik telekomunikasi yang berfungsi sebagai pembagi atau pengatur antara bagian internal (extention to extention) dengan external (out going incoming).PBX menjadi sebuah sentral private dengan fitur seperti sentral public yang digunakan oleh suatu Lembaga atau perusahan dalam melayani komunikasi internet perusahaan tersebut.

Sistem telepon pertama yang populer adalah 1A2 key system,yang memiliki variasi dan dipercaya oleh pasar perusahaan selama bertahun tahun pada era 1950-an .KSU (Kunci Layanan Unit) dalam 1A2 key system bertindak sebagai unit kontrol pusat dan panggilan yang dialihkan melalui mekanisme fisik yang terdapat pada telepon.

PBX pertama kali digunakan untuk menggambarkan sistem kunci. PBX secara bertahap mulai menggunakan sistem otomatis dan non operator.Dalam perkembangan PBX,salah satu tren sistem yang muncul adalah Volp PBX ,atau biasa dikenal dengan IP PBX.IP PBX menggunakan protocol internet untuk melalukan panggilan telepon. Sekarang ini PBX memberi dukungan dalam perkembangan Volp PBX. ISB PBX juga telah mengalami perkembangan sejak tahun 1990-an. ISDN PBX sudah menawarkan layanan panggilan konferensi ,call forwarding dan memanggil host ID yang telah diprogram sebelimnya.Meskipun demikian ,adanya proyek mengenai sumber terbuka ini justru dapat dikombinasikan dengan perangkat keras untuk mengurangi biaya kepemilikan PBX

2.    Fungsi PBX

PBX dibedakan dari sistem kunci yang dilakukan pengguna secara manual Ketika pengguna menekan nomor tujuan.Sehingga secara otomatis PBX akan meuju jalur sesuai dengan nomor yang dituju pengguna.Sistem PBX memungkinkan pengguna untuk melakukan panggilan telepon secara internal dan eksternal dengan menggunakan kode telepon yang telah terdaftar di cebtral office maupun di DDCO.Sistem PBX secara fungsional memiliki empat tugas panggilan pengolahan utama,diantaranya yaitu

a.    Membuat koneksi (sirkuit) atau menghubungkan antara telepon pengguna dengan telepon yang dituju misalnya pemetaan ke nomor tujuan untuk mematikan jaringan telepon tida sibuk

b. Menjaga koneksi atau sambungan selama menggunakan telepon,yaitu dengan menyalurkan sinyal suara antara pengirim dengan penerima pesan

c.   Mematikan koneksi atau hubungan jaringan telepon sesuai dengan perintah pengguna telepon

d.  Menyediakan informasi untuk kepentingan akutansi,misalnya menampilkan lama waktu panggilan atau metering call

 

B.   Memahami Proses Kerja PBX

PBX merupakan sistem telepon dengan fitur komplit yang menyediakan panggilan telepon melalui jalur internet.Dengan PBX seluruh percakapan dikirim sebagai paket data melalui jaringan.teknologi PBX meliputi fitur komunikasi canggih yang sangat efisien,berkualitas baik dan sudah terintegrasi dengan sistem CRM

1.    Cara Kerja PBX

IP PBX terdiri satu atau lebih telepon internet SIP,IP PBX server dan optional Volp gateway yang dapat terhubung ke jalur telepon tradisional.Fungsi dari server IP PBX hamper mirip dengan proxy server nomor klien yang akan dituju.IP PBX mempunyai directory seluruh anggota yang memungkinkan satu sama lainnya berkomunikasi secara internal ataupun telepon ke PTSN melalui VOIP Gateway .

2.    Cara Menggunakan Sistem PBX

PBX telepon menawarkan banyak pilihan yang tidak dimiliki oleh sistem lain.Setelah ekstensi diatyr ,pengguna dapat menggunakan telepon untuk meneruskan panggilan,mengirin surat suara ke alamat email atau mentransfer panggilan ke ekstensi lain.Membuat panggilan lainnya pada jaringan PBX dapat dilakukan hanya dengan mengankat gagang telepon dn menghubungi perpanjangan empat digit.Pengguna juga dapat menghubungi saluran luar dengan merekam menekan 0 atau 1 tergantung pada konfigurasu sistem.Selain melakukan panggilan ke ekstensi lain,sistem PBX juga dapat digunakan untuk mengakses pesan suara menstransfer panggilan ,masuk serta menahan panggilan masuk

3.    Cara Telepon PBX Bekerja
a.    PBX Set Up

Pada abad ke 20,awalnya PBX berada pada teknologi analog,namun saat ini PBX berubah menjadi sistem digital.PBX umum meliputi beberapa jalur telepon dari luar bangunan yang berakhir pada pertukaran perusahaan.PBX juga memiliki beberapa jalur internal yang mengarah ke ponsel.Dengan PBX,sebuah komputer akan mengelola panggilan,beralih dari panggilan satu ke panggilan lain sesuai nomor yang dipanggil.Sebuah PBX digital tidak memerlukan operator manusia meskipun beberapa perusahaan masih menggunakannya

b.    Volp untuk PBX

Beberapa teknologi exchange bergantung  pada teknologi VoIP (Voice Over Internet Protocol).Sistem telepon VoIP mengubah panggilan telepon ke paket data dan mengirimkanya melalui jaringan komputer.Dibandingkan dengan PBX biasa .VoIP atau IP exchange dapat mengurangi biaya karena sebuah perusahaan dapat menggunakan satu jaringan untuk panggilan telepon dan data. Contoh VoIP PBX yang dapat digunakan yaitu 3CX Phone System,Asterisk, Dialexa, Bicon system ,Trixbox dan lainnya

c.    Virtual PBX

PBX Virtual adalah versi kelas ekonomi dari Hosted PBX.Sistem PBX host dan virtual adalah sistem telepon PBX VoIP bisnis yang mentransmisikan panggilan melalui Internet sebagai data

PBX Virtual menawarkan layanan telpon VoIP bisnis murah untuk usaha kecil. Seperti halnya sistemtelpon PBX yang dihosting, PBX Virtual dimiliki dan dikelola diluar situs oleh penyedia layanan VoIP.PBX Virtual memungkinkan sisem telpon bisnis kecil untuk mengakses fitur tingkat perusahaan seperti petugas otomatis dan voicemail.Dengan sistem telopon bisnis kecil virtual PBX, perusahaan kecil,pekerja lepas ,dan wirausahawan semuanya dapat menghadirkan citra professional untuk vendor investor dan pelanggan

Gambar :

d.    Centrex  

Centrex atau Centralize Exchange services adalah produk telekomunikasi.Fungsi Centrex adalah sebagai alat konversi terpusat untuk kesepakatan bisnis dan juga merupakan saluran telepon alternatif.Centrex adalah layanan telepon bisinis yang menyediakan fitur komunikasi yang mudah dan efisien.Pelanggan dapat berkomunikasi langsung dengan setiap koneksi dengan demikian mengurangi kemacetan dikantor.Pelanggan tidak perlu membeli switch karena layanan ini berfungsi sepenuhnya dari pusat telekomunikasi.Semua peralatan dan pemeliharaan saluran akan dilakukan oleh penyedia jaringan telepon.Salah satu vendor yang menyediakan sistem Centrex adalah Nortel.Nortel Networks adalah vendor sistem Centrex terbesar di dunia dan telah betanggung jawab atas sebagian besar pengembangan layanan ini diluar Amerika Utara selama dekade terakhir .Ada hamper 100 juta baris pada switch DMS Nortel di seluruh dunia dan lebih dari 10 juta ini adalah untuk Centrex Nortel telah mengumumkan keluarga sofwitch dengan nama  Succesion ,berdasarkan platfrom komputasi Sun.Teknologi inti yang digunakan adalah Nortel communication Server (CS) 2000

 

C.   Menyajikan Bagan Server Softswitch PBX

Setelah memahami mengenai PBX dan konsep kerjanya,selanjutnya adalah mempelajari bagaimana membuat server softswitch tersebut.Berikut adalahnkebutuhan instalasi,perangkat pendukung dan Langkah-langkah untuk membuat server softswitch PBX

1.    Kebutuhan Instalasi Server Softswitch PBX

Berikut adalah beberapa kebutuhan yang harus dipersiapkan untuk melakukan instalasi  server softswitch PBX :

a.    Komputer

Kebutuhan instalasi server softswitch PBX yang pertama adalah computer.Spesifikasi perangkat yang digunakan yaitu computer dengan sound card yang tersambung ke jaringan computer TCP/IP atau internet.Bagi mereka yang cukup kaya,beberapa rekan menggunakan  PDA yang tersambung ke Wifi Hot spot

b.    Headset 

Headset adalah sebuah perangkat audio yang memiliki dua device yang digabungkan menjadi satu.Dimana pada headset terdapat perangkat Input yakni mikrofon atau microphone dan perangkat output yaitu speaker

c.    Softphone 

Softphone merupakan program yang dapat digunakan untuk menelepon melalui jaringan internet dengan menggunakan perangkat komputer/laptop.Softphone merupakan aplikasi client VoIP mampu mendigitalisasi data suara kedalam paket-paket data untuk ditransmisikan melaui  sebuah Local Area Network.Terdapat beberapa jenis softphone yang dapat digunakan yaitu berbasis SIP,H.323,Dan MGCP

d.    CODEC

Codec adalah pengodean suara menjadi kode digital agar dapat dikirim dalam jaringan computer.Berbagai jenis CODEC di kembangkan untuk mengompres suara agar irit bandwitch tapi masih dapat didengar dengan baik .Berbagai jenis tersebut diantaranya GSM,iLBC,G711u(PCMU),G.729,dan sebagainya

e.    IP PBX server

IP PBX server adalah software yang digunankan untuk membuat sistem layanan komunikasi telepon melalui internet.Terdapat beberapa IP PBX server yang digunakan, yaitu Asterisk,SIP Foundry,Elastix,Freeswitch,Open PBX,PBXInFlash,FreePBX,dan sebagainya

2.    Perangkat Pendukung PBX

Untuk membuat sistem PBX,perangkat perngkat pendukung yang dibutuhkan diantaranya yaitu :

a.    Voicemail dan Voice Conference

Voicemail system (juga dikenal sebagai voice mail,pesan suara atau bank suara) adalah sistem berbasis komputer  yang memngkinkan pengguna dan pelanggan umtuk bertukar pribadi pesan suara ,untuk memilih dan menyampaikan informasi suara,dan menyampaikan informasi suara,dan untuk memproses transaksi yang berkaitan dengan individu,organisasi,produk dan jasa,dengan menggunakan telepon biasa.

b.    Interactive Voice Response (IVR)

Interactive Voice Response (IVR) adalah teknologi yang memungkinkan computer untuk berintraksi dengan manusia melalui penggunaan suara dan DTMF nada input melalui keypad .Dalam telekomunikasi IVR memungkinkan pelanggan untuk berinteraksi dengan sistem host perusahaan melalui tombol telepon atau dengan pengenalan suara,setelah itu mereka dapat ,melayani pertanyaan mereka sendiri dengan mengikuti dialog IVR.Sistem IVR dapat merespons dengan rekaman atau dinamis audio ke pengguna langsung lanjut tentang bagaimana untuk melanjutkan aplikasi IVR dapat digunakan untuk mengontrol hamper semua fungsi dimana antarmuka dapat dipecah menjadi serangkaian interaksi sederhana.Sistem IVR di keraahkan dalam jaringan yang berukuran untuk menangani volume panggilan besar

c.    Automatic Call Distribution (ACD)

Automatis Call Distribution (ACD) atau sistem distribusi panggilan otomatis,adalah perangkat atau sistem yang mendistribusikan panggilan masuk ke kelompok tertentu terminal atau agen berdasarkan pilihan pelanggan,nomor telepon pelanggan,operator jalur masuk ke sistem,atau waktu panggilan diproses.Hal ini sering bagian dari komputer intregasi telepon (CTI) sistem

d.    Computer Telephony Intregation

Computer Telephony Integration atau computer integrasi telepon,juga disebut integrasi komputer-telepon atau CTI,adalah nama umum untuk teknologi yang memungkinkan interaksi pada telepon dan computer untuk diintegrasikan atau dikoordinasikan.Istilah ini terutama digunakan untukmmenggambarkan desktop yang interaksi berbasis untuk membantu pengguna menjadi lebih efisien

e.    Unified Messaging System (UMS)

UMS adalah perngkat yang digunakan untuk menginteragrasikan berbagai media pesan elektronik dan komunikasi (E-mail,SMS,faks, pesan suara , pesan video ,Dll.) UMS berada dalam satu antarmuka yang dapat diakses dari berbagai  perangkat yang berbeda. Sementara sistem komunikasi tradisional menyampaikan pesan ke beberapa jenis sistem seperti sistem pesan suara ,server E-mail,dan mesin faks.

f.     Fax Server dan Fax on Demond

Sebuah server faks adalah sistem dipasang dijaringan area local (LAN) server yang memungkinkan pengguna komputer yang komputernya melekat pada LAN untuk mengirim dan menerima pesan faks

g.    Call Recording System dan Billing System

Sistem billing  merupakan sistem.yang membantu para usahawan untuk mengatur dan mencatat segala transaksi yang terjadi. Pada dasarnya sistem billing sistem merupakan pencatat dan pemonitor transaksi berbentuk software

h.    Web-based Management System

Perangkat lunak manajemen proyek berbasis web adalah kumpulan program, proses dan informasi yang digunakan untuk mengelola berbagai tahapan proyek dan yang dapat diakses di internet.Manajemen proyek memerlukan proses seperti jadwal, menghitung jlur kritis,membangun jadwal, membuat daftar tugas, mengelola sumber daya,pengendalian dokumen dan memberikan jejak audit.Masing masing proses dapat dikontrol dan kadang kadang otomatis melalui solusi software manajemen proyek

3.    Menghubungkan Telepon ke PBX

Terdapat 3 tipe dasar telepon yang terhubung ke PBX,di antaranya adalah analog, digital,dan VoIP.PBX merupakan sistem switching elektronik yang menghubungkan layanan jaringan untuk set telepon dan rute panggilan ke lokasi yang diinginkan.Untuk menghubungkan telepon ke PBX sebelumnya persiapkan alat dah bahan yang dibutuhkan,yaitu :

a.    Obeng datar dan Philips

b.    Alat punch down

c.    Kategori 5 kabel (kabel cat1,cat2,cat3,cat4,cat5)

d.    Terminal blok atau patch panel

e.    Konektor modular

Gambar

Langkah-langkah untuk menghubungkan telepon ke PBX adalah sebagai berikut .

a.    Cari blok terminasi untuk sistem telepon PBX.Hal ini biasanya ditemukan terhubung ke lembar kayu lapis dipasang didinding sebelah sistem telepon. Ini akan memiliki kabel yang terhubung menuju/dari PBX

b.    Temukan daerah atau tempat untuk menginstal kategori 5 jack telepon baru.Carilah jalur Kembali ke daerah dimana titik terminasi berada

c.    Pasang jack telepon ke dingding dilokasi yang diinginkan. Gunakan obeng untuk menginstal jack flush mount dan menginstal kotak listrik untuk kontruksi baru

d.    Jalankan kategori 5 kabel dari terminal blok PBX atau patch panel untuk setiap lokasi jack.Sisakan 6 inci kabel diujung jack dan sisi terminal blok tida perlu menyisakan kabel untuk konektivitas yang tepat

e.    Jika sudah periksa terminal blok.Temukan pola dari layanan yang ada atau mencari dokumentasi blok terminal.Lepaskan casing dari ujung kabel dengan stiper kawat dan pada ujung kabel dengan menggunakan alat punchdown. Sistem kecil sering menggunakan panel patch modular crimping modular dan RJ45 untuk stasiun pemutusan. Kunci konektor ini ke ujung kabel menggunakan alat crimping modular dan pastikan kabel berada dalam urutan yang benar.Pasangan biru dan putih dianggap pasangan 1,oranye dan putih adalah pasangan 2, pasangan hijau dan putih 3,dan cokelat dan putih adalah pasangan 4

f.     Potong kabel kurang lebih enam inci dari selubung disisi jack.Hubungkan twisted biru dan putih untuk koneksi satu, oranye dan putih untuk koneksi dua,hijau dan putih untuk koneksi tiga dan cokelat dan putih untuk koneksi empat.Banyak kategori 5 jack kode warna , sehingga mudah untuk dilakukan.Beberapa jack memerlukan penggunaan alat punchdown ,sementara yang lainnya memerlukan obeng datar atau Philips untuk menghubungkan kabel ke jack

g.    Hubungkan sisi terminal blok kabel ke sisi layanan  PBX,Baik menggunakan cross-conest atau kategori 5 kabel. Jenis koneksi tergantung pada jenis blik terminasi.Telepon analog menggunakan satu pasang ,telepon digital menggunakan satu atau dua pasang , dan telepon IP menggunakan empat pasang untuk konektivitas

h.    Sambungkan telepon ke jack baru dan uji konektivitas

4.    Membuat program PBX

Untuk membuat program PBX yang diperlukan dintaranya adalah perangkat lunak,komputer dan konektivitas, serta panduan penggunaan PBX.Setelah perangkat yang setelah perangkat yang dibutuhkan siap, selanjutnya adalah pembuatan program PBX. Berikut adalah Langkah-langkah membuat program PBX.

a.    Tentukan alamat IP yang akan dimiliki ponsel SIP jaringan lokal yang ingin dibangun dan nomor ekstensi internal yang akan digunakan untuk telepon.Tentukan apakah akan menggunakan kata sandi autentikasi dengan telepon dan jika demikian, tentukan kata sandinya

b.    Buka parameter set up pada telepon SIP. Masukan alamat IP telepon tetep pada jaringan, nomor ekstensi dan kata sandi jika menggunakan autentikasi

c.    Selanjutnya login ke panel administrasi PBX sebagai administrator untuk menambahkan rute untuk telepon SIP. Buatlah ekstensi baru, baru masukan nomor ekstensi dan password jika mrnggunakan autentikasi serta alamat IP

Gambar

d.    Selanjutnya atur sambungan untuk sistem.Pengaturan sambungan berfungsi untuk membantu sistem mengenai nomor ekstensi untuk memulai dan mendapatkan outline kode akses dan nomor untuk konsol peetugas. Atur nomor 9 untuk mendapatkan saluran luar dan 0 untuk operator

e.    Jika sudah konfigurasi parameter sistem dan kode akses. Parameter akan mengatur nada dering pada saat mode hold, caller id, sistem alarm, dan berbagai pilihan lain. Sementara kode akses digunakan untuk fitur seperti konferensi, panggilan cepat, park call, atau panggilan dengan beberapa orang, call coverage, pick up call atau kemampuan untuk menjawab telepon pengguna lain, transfer call dan sebagainya. Gunakan 1-3 digit angka dan pastikan nomor tersebut tidak dapat ditemukan pada bagian nomor yang akan kamu gunakan untuk ekstensi

f.     Atur kelas pembatasan dan kelas layanan pada table layanan program PBX.Tabel layanan ini nantinya  akan mengatur izin group untuk ditetapkan ke pengguna. Izin/permissions  adalah fitur panggilan seperti jarak jauh, ketersediaan penerusan panggilan,prioritas panggilan dan lain lain pembatasan panggilan jarak jauh hanya digunakan untuk pengguna yang membutuhkan akses ke table layanan tersebut

g.    Kemudian  konfigurasi trunk dan outbound routing. Trunk adalah saluran saluran telepon yang digunakan untuk panggilan masuk dan keluar yang terhubung keoperator pertukaran lokal. Aturlah kedalam satu gruo trunk. Satu grup trunk akan melayani jenis panggilan yang sama. Konfigurasi panggilan lokal dan remote group. Atur routing

h.    Konfigurasi perangkat lunak untuk telepon set di PBX. Atur port, jenis ponsel, display name, feature buttons, line display, panggilan dan tombol panggilan cepat untuk setiap telepon yang akan di instal

i.      Atur fitur lain terkait dengan ekstensi, seperti voice mail , call forwarding, merekap panggilan,jalur/line fax analog, telepon konferensi, video konfernsi, paging, nada/dering pada saat dalam mode hold, konektivitas IP, dan layanan untuk agen call center. Simpan pengaturan tersebut dan restart layanan  telepon

Ujilah dengan cara memanggil telepon ekstensi dari ponsel dan dari ponsel dan dari telepon internal untuk memastikan panggilan sedang diarahkan dengan benar