-->

Perbedaan pengguna CPU dan pengguna CPU dalam Teknologi AI


CPU dapat memproses banyak tugas umum dengan cara yang cepat dan berurutan, GPU menggunakan komputasi paralel untuk memecah masalah yang sangat kompleks menjadi beberapa perhitungan simultan yang lebih kecil.

Ini membuatnya ideal untuk menangani proses komputasi terdistribusi secara masif yang diperlukan untuk pembelajaran mesin.

Apa itu CPU?
Cpu bukan satu set komputer tetapi dia sentral dari mesin komputer. CPU (Unit pemrosesan pusat), adalah prosesor yang memproses instruksi dasar komputer, seperti aritmatika, fungsi logis, dan operasi I/O. Ini biasanya chip kecil tapi kuat yang terintegrasi ke dalam motherboard komputer.

CPU dianggap sebagai otak komputer karena menginterpretasikan dan mengeksekusi sebagian besar instruksi perangkat keras dan perangkat lunak komputer.

Komponen standar CPU mencakup satu atau lebih inti, cache, unit manajemen memori (MMU), dan jam CPU dan unit kontrol. Ini semua bekerja bersama untuk memungkinkan komputer menjalankan banyak aplikasi pada saat yang bersamaan.

Core CPU adalah arsitektur pusat dari CPU dimana semua perhitungan dan logika terjadi.

Apa itu GPU?

GPU, atau unit pemrosesan grafik, adalah prosesor komputer yang menggunakan kalkulasi yang dipercepat untuk merender gambar dan grafik beresolusi tinggi secara intensif. Meskipun awalnya dirancang untuk merender gambar 2D dan 3D, video, dan animasi di komputer, GPU saat ini digunakan dalam aplikasi yang jauh melampaui pemrosesan grafik, termasuk analitik besar dan pembelajaran mesin. Komputasi semacam ini sering disebut “GPGPU”, atau “GPU Tujuan Umum”.

CPU vs GPU: Apa Bedanya?

Perbedaan mendasar antara GPU dan CPU adalah bahwa CPU ideal untuk melakukan tugas berurutan dengan cepat, sedangkan GPU menggunakan pemrosesan paralel untuk menghitung tugas secara bersamaan dengan kecepatan dan efisiensi yang lebih tinggi.

CPU adalah prosesor tujuan umum yang dapat menangani hampir semua jenis perhitungan. Mereka dapat mengalokasikan banyak daya untuk melakukan banyak tugas di antara beberapa set instruksi linier untuk menjalankan instruksi tersebut lebih cepat.

Meskipun CPU dapat melakukan tugas berurutan pada komputasi kompleks dengan cepat dan efisien, CPU kurang efisien dalam pemrosesan paralel di berbagai tugas.